Kamis, 20 Februari 2014

-Manfaat dan Khasiat Jus Buah Mengkudu untuk Kesehatan-



Mengkudu memiliki nama latin Morinda citrifolia dan termasuk dalam keluarga Rubiaceae. Nama lainnya adalah Indian murbei, murbei pantai, buah keju, atau morinda besar. Di beberapa daerah di Indonesia buah mengkudu dikenal juga dengan sebutan, pace atau cangkudu. Sementara itu orang barat menyebut mengkudu dengan nama Non



Selain sebagai sumber karbohidrat dan serat, buah mengkudu juga tinggi akan vitamin A dan C, zat besi, dan niasin. Pulp dari buah ini digunakan untuk menyiapkan jus mengkudu bebas dari sumber lemak dan protein yang baik.


Manfaat Jus Mengkudu 


Sistem Kekebalan Tubuh

Buah mengkudu memiliki keseimbangan sempurna dari vitmain, mineral, asam amino, peptida, dan enzim, yang dianggap sebagai tonik yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Antioksidan

Penelitian menunjukkan bahwa jus mengkudu dapat membantu dalam melindungi dan meregenerasi antioksidan alami dalam tubuh seperti vitamin E dan koenzim Q10 yang pada gilirannya membantu menyingkirkan radikal bebas.


Anti-inflamasi

Jus buah mengkudu juga menunjukkan aksi serupa terhadap peradangan seperti pada non-steroid anti-inflamasi.


Analgesik
Confuse quote #7

Buah mengkudu dikenal sebagai obat penghilang rasa sakit dan sakit kepala. Orang dulu menggunakan daun mengkudu untuk membungkus sendi yang terkena gout menyakitkan. Noni memiliki sifat analgesik, karena 75% efektif sebagai morfin sulfat dalam mengurangi nyeri.


Melawan kuman

Senyawa-senyawa dalam buah mengkudu seperti antrakuinon, skopoletin, dan terpena membuatnya efektif melawan kuman karena memiliki sifat antibakterial, antijamur, dan antiparasit.


Anti tumor/anti kanker

Para peneliti meyakini bahwa buah mengkudu membantu mencegah efek merusak dari kanker, juga tidak beracun terhadap sel-sel sehat dalam tubuh. Noni mengandung antrakuinon yang dapat mendetoksifikasi dan menghilangkan karsinogen sebelum menyebabkan kerusakan pada DNA.


Menstabilkan tekanan darah

Mengkudu efektid dalam menstabilkan tekanan darah pada pasien hipertensi.