Jumat, 24 Januari 2014

Makanan-Makanan Sumber Serat bagian 2



7. Kembang kol

Satu kepala kecil kembang kol dengan diameter empat inci memiliki 127,7 miligram vitamin C


8. Mini kol (brussels sprouts)

Brussels sprouts memiliki 48,4 miligram vitamin c. Sayuran ini kaya riboflavin, zat besi, mangesium, vitamin A dan kaya serat.


9. Ubi jalar

Ubi jalar tidak memiliki vitamin C sebanyak jeruk. Tapi, bahan makanan ini bisa dipertimbangkan karena satu ubi jalar besar mengandung 35,3 miligram vitamin C.


10. Blewah

Sama seperti ubi jalar, Blewah juga tidak memiliki vitamin C sebanyak jeruk. Satu porsi blewah memiliki 49,2 miligram vitamin C.


11. Cabai rawit

Dibandingkan dengan buah jeruk, rupanya cabai rawit punya vitamin C yang lebih tinggi. Akan tetapi konsumsi berlebihan jelas tidak baik bagi lambung. Setidaknya mengonsumsi makanan pedas ternyata memberi asupan sedikit vitamin C untuk tubuh.


12. Jambu biji

Buah jambu biji bisa dinikmati secara langsung atau diolah menjadi jus jika ingin mendapatkan nutrisi vitamin C di dalamnya. Beberapa orang suka jambu biji yang matang, sementara yang lain memilih yang agak mentah.


13. Grapefruit

Sebenarnya, grapefruit masih bersaudara dengan buah jeruk. Maka dari itu, buah yang satu ini juga mengandung vitamin C tinggi. Grapefruit cocok dijadikan menu sarapan karena buah tersebut juga kaya akan serat.

Saat ini banyak sekali minuman kemasan yang menyediakan vitamin C tinggi. Namun, yang alami tentu saja lebih baik.