Selasa, 21 Januari 2014

18 Sumber Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi bagian 1





Susu merupakan sumber kalsium tertinggi yang kita kenal. Namun, masih banyak makanan lain yang mengandung kalsium tinggi selain susu seperti brokoli, ikan sarden ataupun kacang almond. Tapi sebelum kita membahas lebih jauh mengenai makanan sumber kalsium tinggi, ada baiknya kita mengenal dulu mengenai apa itu kalsium dan fungsinya bagi tubuh kita.

Kalsium (Ca) merupakan salah satu Makro Mineral, yaitu mineral sangat dibutuhkan tubuh lebih dari 100mg per hari. Fungsi kalsium yang utama adalah berperan dalam pembentukan tulang dan gigi. Kekurangan kalsium bisa menyebabkan pertumbuhan tulang terganggu dan juga mengalami osteoporosis.

Oke, cukup penjelasannya. Sekarang kita simak 18 jenis sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi berikut ini:


1. Sarden

Olahan ikan laut ini dapat memenuhi kebutuhan kalsium tubuh hingga 33 persen. Konsumsi sarden setidaknya sepekan sekali.


2. Keju

Keju yang terbuat dari bahan dasar susu sangat baik dikonsumsi tubuh. Pilih keju parmesan yang memiliki kadar kalsium tertinggi di antara jenis keju lainnya.


3. Sayuran hijau

Selain susu, sumber kalsium terbaik lain adalah sayuran hijau. Untuk mendapatkan kalsium maksimal, bayam dan brokoli merupakan pilihan yang tepat.


4. Kacang almond


Almond tidak saja terkenal dengan vitamin E, kacang ini juga menyumbangkan sekitar 70-80 mg kalsium. 


5. Tofu

Bahan utama tofu yang terbuat dari kacang kedelai membuat tofu direkomendasikan sebagai sumber kalsium pengganti susu. 


6. Oatmeal

Selain memiliki karbohidrat tinggi, semangkuk oatmeal juga mengandung 105 mg kalsium. Makanan penyehat jantung ini pun kaya serat dan cukup bersahabat dengan pencernaan.