Kamis, 23 Januari 2014

Khasiat Madu Untuk Kesehatan


"meskipun rasanya manis tetapi madu tidak berbahaya bagi pasien yang punya penyakit gula"

Semua orang pasti tahu apa yang namanya madu. Madu adalah cairan kental yang rasanya sangat manis yang berasal dari sarang lebah karena dihasilkan lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. 

Khasiat madu ini sudah terkenal sejak dahulu kala,madu juga sering di gunakan untuk bahan makanan dan minuman atau digunakan untuk pemanis dan perasa. 

Yang lebih istimewanya lagi meskipun rasanya manis tetapi madu tidak berbahaya bagi pasien yang punya penyakit gula, malahan khasiat madu ini bisa untuk menyembuhkan penyakit diabetes karena rasa manis dari madu ini berupa fruktosa yang apabila di konsumsi bisa langsung menjadi energi tanpa hormon insulin sehingga bisa menyembuhkan penderita diabetes. 

Sebelum mengulas apa saja khasiat madu bagi kesehatan terlebih dahulu kita bahas kandungan nutrisi yang ada pada madu itu sendiri.


Madu adalah campuran dari gula dan senyawa lainnya.Seperti semua pemanis bergizi yang lain, madu sebagian besar mengandung gula dan hanya mengandung sedikit jumlah vitamin atau mineral. 

Madu juga mengandung sejumlah kecil dari beberapa senyawa dianggap berfungsi sebagai antioksidan, termasuk chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin. 

Komposisi spesifik dari sejumlah madu tergantung pada bunga yang tersedia untuk lebah yang menghasilkan madu.

Analisa madu secara umum:
Fruktosa: 38.2%
Glukosa: 31.3%
Maltosa: 7.1%
Sukrosa: 1.3%
Air: 17.2%
Gula paling tinggi: 1.5%
Abu (analisis kimia):0.2%
Lain-lain: 3.2%

Kekentalan madu adalah sekitar 1,36 kilogram per liter. Atau sama dengan 36% lebih kental daripada air.

Khasiat madu untuk kesehatan sangat banyak dan terbukti di seluruh dunia madu ini dijadikan bahan untuk suplemen atau minuman energi lainnya. Khasiat madu untuk kesehatan di antaranya adalah:


1. SUMBER ENERGI

Sangat cocok di gunakan untuk para atlet karena madu adalah sumber energi yang sangat instan. itu karena madu mengandung karbohidrat yang bisa di serap secara cepat oleh tubuh.


2. PENYEMBUH LUKA

Hal ini terbukti sejak zaman mesir kuno yang membuat salep yang terbuat dari madu untuk menyembuhkan luka bakar atau luka karena tusukan benda tajam. sementara di yunani madu di gunakan untuk mengobati hidung tersumbat.


3. SEBAGAI ANTIBIOTIK

Madu merupakan antibiotik yang bisa membunuh bakteri yang mematikan, hal ini karena hidrogen peroksida dalam madu merupakan antiseptik yang luar biasa.


4. MEMBUNUH KUMAN

Kandungan gizi yang sangat luar biasa bisa membantu menyembuhkan penyakit dan antioksidan yang terkandung dalam madu mampu menbunuh kuman patogen penyebab penyakit.


5. MENGOBATI BOROK


Sebuah uji coba yang melibatkan orang penderita penyakit diabetes dengan terapi pada borok luka diabetes tersebut dan hasilnya bisa sembuh dan penderita tidak perlu di amputasi.


6. SEBAGAI ANTIOKSIDAN

Hal ini sudah terbukti dan diakui oleh ilmu kedokteran yang sudah melakukan berbagai penelitian yang membuktikan bahwa madu merupakan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.


7. UNTUK TERAPI

Bangsa Mesir dikenal paling piawai meramu obat dari bahan-bahan alami. Madu termasuk dalam 500 resep obat dari 900 resep yang diketahui. Pengobatan modern yang mengacu pada terapi kuno penggunaan madu dari Mesir puas dengan hasilnya.


8. PENGGANTI GLUKOSA

Selama berabad-abad madu memang dikenal sebagai bahan bakar para olahragawan ini karena madu mengandung gula yang cepat diserap oleh sistem pencernaan jadi madu adalah sumber energi instan. Hingga kini, dalam dunia olahraga madu diberikan sebelum pertandingan dan sebagai pengganti karbohidrat yang digunakan pada saat latihan.