Selasa, 21 Januari 2014

18 Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin B1 (Thiamin) bagian 1

Buah-Buahan yang Mengandung Vitamin B1 (Thiamin)

Masih dalam seri vitamin B kompleks, kali ini giliran membahas mengenai vitamin B1 atau dikenal juga dengan nama Thiamin. Vitamin B1 ini dikenal sebagai penambah energi. Karena itu Anda akan sering menemukan komposisi vitamin ini dalam label minuman penambah energi atau suplemen. Hal disebabakan salah satu kemampuan vitamin B1 yang mampu mengubah karbohidrat menjadi energi.


Selain itu, Vitamin B1 juga membantu mengoptimalkan kerja otak. Diketahui konsumsi vitamin B1 yang bisa membuat otak lebih optimal adalah 1,1 mg untuk pria, 1,2 mg untuk wanita hamil, dan 1,4 mg untuk wanita menyusui. Namun ada pendapat lain yang menyebutkan bahwa vitamin B1 bisa dikonsumsi hingga 50 sampai 1000 mg dan tidak mengalami gejala efek samping apapun.


Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. salah satu yang paling terkenal adalah penyakit beri-beri. Anda pasti pernah mendengar penyakit ini waktu di sekolah dasar. Penyakit ini menyerang saraf dan menyebabkan terganggunya kemampuan motorik seseorang akibat polyneuritis. 


Nah, berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin B1 atau Thiamin:



Buah-Buahan yang Mengandung Vitamin B1 (Thiamin)




1. Nanas



Buah nanas dikenal buah yang hidup didataran tinggi telah banyak ditanam di Indonesia. Buahnya yang punya ciri khas berwarna kuning bersisik dan kecut. 

Banyak ditanam di daerah jawa barat, jawa timur, dan sumatera utara. Kandungan vitamin B1 pada nanas ini per 100 gram ini adalah 0,08 mcg. 

Buah ini bermanfaat untuk mencegah stress pada otak.


2. Jeruk


Untuk buah jeruk sendiri kandungan vitamin B1 ini tergantung dari macam-macam buah jeruk itu sendiri. 

Kandungan vitamin B1 pada jeruk nipis per 100 gram adalah 0,04 mcg. Kandungan vitamin B1 pada jeruk manis per 100 gram adalah 0,08 mcg. Kandungan vitamin B1 pada jeruk keprok per 100 gram adalah 0,07 mcg. 

Kandungan vitamin b1 pada jeruk bali per 100 gram adalah 0,04.


3. Anggur

Kandungan vitamin B1 pada buah anggur per 100 gram adalah 0,05 mcg. Buah ini bermanfaat untuk untuk mengobati kelelahan dan hiploglikemi dimana mengandung gula alami yaitu fruktosa dan glukosa. 

Selain itu juga mencegah penyakit jantung koroner sampai 50%. Selain itu buah anggur juga mencegah penyerapan kolesterol pada darah karena mengandung saponin.


4. Semangka


Kandungan vitamin B1 pada buah semangka 100 gram adalah 0,033 mcg. Buah semangka ini memiliki manfaat untuk memperlancar peredaran darah, meningkatkan metabolisme, serta mencegah terjadinya kerusakan syaraf. Buah ini khas. 

Dimana kulit buahnya keras berwarna hijau, dengan garis-garis hijau tua. Buahnya berawarna merah banyak mengandung air dan biji.